Friday, June 3, 2011

cerpen : CINTA DAN AIR MATA

Alunan lagu itu mengalun dengan indah, semakin membuat aku terhanyut dalam lamunan. lagu yang begitu bisa membuat aku tertegun dan meneteskan air mata, air mata kesedihan yang selama ini aku pendam jauh rapat-rapat dan selalu terkunci dalam hatiku yang semakin hari semakin buat aku tersiksa.

Kenangan itu, waktu itu, tempat itu, senyum,tawa dan tangis itu ingin ku ulang kembali. Andai saja waktu bisa ku hentikan dan aku ingin kembali di masa itu. di masa yang penuh kenangan. Walau kenangan itu menyakitkan tapi aku mau itu kembali dalam hidupku dan aku ingin itu bukanlah sekedar mimpi yang selalu datang di setiap malam ku. malam yang selalu buat aku menangis dan merasa bersalah pada diri ku sendiri.

Walau waktu itu telah berlalu rasanya baru sebentar dan terasa sangat singkat sekali. inilah awal kenangan itu.

Matahari mulai menampakan sinarnya, burung mulai berkicau dan suasana pun semakin ramai, aku masih malas untuk bangun aku merasa amat ngantuk. Kenapa pagi begitu singkat pikir ku ….. Aku kesal dan aku lelah menyambut pagi maklumlah itu semua karna matematika dan aku malas harus berhadapan dengan Pak Arfan yang galak dan killer abizz…

Oci… bangun lagi tu dah jam berapa ? Ntar terlambat lo ke sekolahnya ?? kak Yudi ja dah siap kok tu lihat dia lagi mo sarapan.

Mama menghampiri ku dan membangunkan aku lagi, dengan malas aku pun mengikuti kemauan mama dan bergegas menuju kamar mandi. Setelah siap aku pun pergi keluar dan depan rumah kak Yudi teriak-teriak memanggilku.

Oci … ci …? cepat donk ntar kakak juga terlambat neh !!! Mana cewek kakak belum di jemput lagi. Dasar keong lelet aja kerjaannya. Dengan penuh keberanian aku ketuk juga pintu kelas aku telah menebak apa yang terjadi selanjutnya dan akhirnya aku sampai dilapangan sambil berdiri dengan kaki sebelah. Tapi di sana aku gak sendiri karna ku lihat senyum konyol dian dan via menantiku disana. Tapi untungnya yang ditugaskan menjaga kami adalah kak Rico. Dan dia juga siswa terbaik di sekolah ku.

Kak … boleh gak aku beli minum haus neh ?! Masak sih kakak gak kasihan sama kita. Tanpa banyak kata kak rico menyodorkan minumannya pada ku dan alhamdulillah akhirnya tubuh ku menjadi segar kembali. thanks yach kak rico. Kak rico pun tersenyum padaku. setelah kejadian itu aku dan kak rico jadi akrab, dan sering ke kantin bareng dan pulang bareng. Pokoknya hari-hari yang aku jalani menjadi lebih bermakna dan lebih berarti dan aku ingin pagi itu cepat kembali. Apa ini cinta …?? Ternyata cinta itu indah gak seburuk yang dibayang kan dian ataupun via yang bilang kalau cinta itu menyakitkan dan orang bilang cinta itu tak harus memiliki itu bohong ci …? Kata via sedih.

Cinta itu akan lebih sakit bila kita tidak bisa memiliki orang yang kita cintai. masak sech aku gak percaya vie …?? Ya iyalah kamu gak percaya ci. kan kamu belum merasakannya sendiri ci..?? Suatu saat bila kamu merasakan itu pasti kamu akan merasakan apa yang aku katakan tadi dan mungkin akan lebih sakit. Jangan donk vie masak kamu tega lihat sahabat kamu sendiri sakit. Apa gak ada doa yang indah untuk sahabatmu ini. abiznya kamu gak percaya sech .. ??ujarnya manyun…he..hee…

Siang itu kebetalan gak belajar karna ada pertandingan antar sekolah. aku duduk santai di kelas bersama sohibku yaitu dian dan via. Dan di pintu aku lihat Rudi,Alvin, Andi dan Jody sedang berdiri di depan kelasku. lo kok jadi rame vie ??tunggu bentar ci … itu kan teman-temannya kak Rico?? ada apa yach … dan ternyata ada juga kak rico di sana.

Aku kaget dan rasa itu menjadi aneh dihati dan pikiranku. aku jadi gugup sendiri. Tiba-tiba kak rico menghampiriku dan teman-temannya juga mengikuti dari belakang.

Dan apa yang terjadi selanjutnya aku merasa bagaikan mimpi kak rico nembak aku di depan teman-temanku dan teman-temannya? Aku merasa kalau dia adalah cowok yang berani. Keadaan kelas pun menjadi rame dan semakin rame…dan aku bahagia kok.

Pulangnya aku dianterin maklumlah baru jadian jadi yang ngrasain yang senang-senangnya aja dulu.. Nanti malam kan malam minggu boleh gak aku datang kerumah mu ci…? Aku kaget sekali kan seumur-umur belum ada cowok yang special datang kerumahku lagian aku juga gak berani sama papa. Kalau mama sich bisa diajak ngomong tapi kalau papa ?? Agak ngeri juga aku membayangkannya.

eh … kok jadi diem sich gak boleh ya kakak datang kerumah?? Gak gitu juga kok kak…,gimana kalau kita ketemuannya di lain tempat ja kak … ?? Kakak ngrtikan maksud aku?? Ok’ dech kalau itu maunya oci … kakak kan turutin kok. Ntar malam ya kak ntar oci kabari lagi dimana tempatnya.

Malam itu aku dandan yang terbaik agar gak ngecewain kak rico. Lagian gak enak di lihat kalau cowoknya dah keren masak ceweknya …. he …he … aku jadi malu. ma ..? Aku kerumah via dulu ya mau bikin Pr kimia. siapa yang antar ci kata papa lagi …. si Ferdian pa ?ya ampun napa sech kok pake bohong segala?? Pikir ku dalam hati jadi repot nech cepat-cepat ku sms ferdian. Supaya cepat jemput aku. gimana sih ci … aku kan lagi di rumah yayang aku. Gak bisa dech aku jemput kamu sih pake bo’ong sam papa kamu tuch kamu juga yang repot tapi jangan bawa-bawa aku donk?? kata ferdian dalam smsnya.

Ya ampun dian Cuma kamu yang aku harapin kan kamu teman aku dari kecil sampe sekarang kok gak mau Bantu. Lihat aja ntar aku gak mau maen sama kamu lagi. Ok’ dech kalau gitu aku jemput ya.. he…akhirnya dian gak kan tega lihat aku seperti ini. Benar-benar setia kawan. thanks ya yan untung ada kamu, lo kok berhenti disini ujarnya lagi. Jangan cerewet dech tu yang jemput undah ada nunggu di sana. o… gitu ya ??!

Malam itu begitu indah terasa … Karna itu adalah hari pertama aku jalani ini bersama kak rico. Cinta itu gak seburuk yang lo bayangin vie ujar ku dalam hati. Begitu indah kisah cinta itu andai semua ini akan selalu menemani ku selamanya. Aku begitu ingin kak rico selalu bersama ku karna ku takut kehilangan dia. Karna dia hidupku banyak berubah, berubah penuh warna seperti pelangi yang mempunyai 7 warna.
Warna-warna yang indah. aku yakin kami bisa bertahan selama cinta itu terus indah dalam hidup kami. Akhirnya kisah itu menjadi kisah yang buram dan menyakitkan. Orang tua ku pindah ke kampung halaman mama. Karna disana papa akan membuka usaha yang baru. Aku begitu sedih dan kecewa aku gak pernah bayangin kalau harus jauh dari kak rico dan jauh dari teman-temanku ferdian dan via sahabat yang begitu indah dari kecil hingga sekarang. Hari terakhir aku disana hari itu hari selasa pagi, via dan ferdian datang ke rumah sambil nangis kok mendadak sih ci pindahnya??kak rico udah tau belon?? dengan lemas aku jawab belum vie?? Kasihan dia aku gak tega harus bilang ini semua dengan kak rico.
Kamu harus bisa ci … yux lah kita ke sekolahan uajarnya lagi sekalian ambil surat pindah kamu. Aku pun pergi ke sekolah dengan hati yang tak menentu perasaan sedih yang selalu menghampiriku. Aku ke kantor sekolah dan berpamitan pada guru dan teman-temanku, tiba-tiba kak andi keluar dari kantor guru dan dia kaget lihat aku. kamu mau kemana ci …?? Pindah ya? Kok gak bilang? Kasihan teman aku .. Pasti dia sedih benget.mana kelas kami gak bisa keluar soalnya lagi belajar dengan pak arfa’i. aku akan beritahu rico ya kamu tunggu disini ya ci ujarnya lagi…Aku diam sambil menghapus air mataku perasaan sedih dan bersalah itu kembali datang menghantuiku.

Tiba-tiba kak rico keluar sambil berkata “tega kamu ci kenapa harus oci yang pergi, gimana dengan kakak? Kakak dah terlanjur sayang sama oci”.ujar kak rico dengan air mata belum sempat aku berkatak apa-apa kak rico pergi begitu saja dari ku dan berlari semakin jauh. Ya Tuhan … aku gak sanggup lihat kak rico seperti itu aku gak pernah selama ini melihat kak rico sesedih itu. Cinta itu begitu sakit terasa cinta yang terpisah karna kehidupan.

Aku pergi meninggalkan kota kenangan itu kenangan manis yang tak mungkin terlupakan. via yang menangis dan memeluk erat dan ferdian yang tertegun diam sambil menatapku sedih. Dan kak rico yang kecewa dan aku tak bisa bayangin semua itu. Dalam perjalanan aku hanya bisa menangis dan berharap akan bisa melupakan semua itu.

3 tahun berlalu tapi semua itu masih gak bisa aku lupakan dan saat itu pula aku berpacaran tapi gak ada yang seperti kak rico yang penuh dengan pengertian. Ya Tuhan kenapa aku gak bisa melupakan itu. Pada saat itu aku menatap bintang dan satu bintang jatuh dan cepat-cepat aku berdoa. ya Tuhan aku ingin bertemu kembali dengan kak rico aku gak akan tenang sebelum aku bertemu dengannya dan menebus kembali salah ku pada dia.

Setelah tamat SMA aku berencana akan kembali ke kota kenangan itu, aku kembali dengan penuh harapan semoga bisa bertemu dengan kak rico lagi dan ingin meminta maaf karna sebelum mendapatkan maafnya aku gak kan tenang dan selalu gagal dalam menjalin hubungan dengan siapun itu mungkin itu karma bagiku karna meninggalkan seseorang yang tidak bersalah.

Di dalam mobil aku selalu diam. minum ci kata Ricky tapi aku diam saja. napa sih harus diam gak suka ya jalan sama kakak mu yang ganteng ne? Lebay lo ki … Masak itam kayak gini di bilang ganteng. Abiznya di tawari makan gak mau di tawari minum juga gak mau. Aku khawatir dan berharap kalau aku ke sana aku harus ngapain? Kan dah 4 tahun aku gak kembali. ya ampun ci itu aja dipikirin? ujarnya ketawa. Ternyata di sini banyak berubah ya ki … Tu lihat gedungnya dah tinggi-tinggi.dulu gak ada mol sekarang dah ada. Aku pengen banget ketemu kak rico yang ada dalam hati hanya perasaan senang, sedih telah bercampur menjadi satu dalam hatiku. Sampai di sana aku disambut nenek dengan pelukan yang hangat.
Ya Allah nak baru sekarang kamu kesini sekarang dah besar n Ricky juga tambah tinggi sekarang. aku tersenyum senang dan tak lupa aku hubungi via kalau aku dah sampe di sana. Via datang dan menangis. Gimana kabarmu vie … Aku baik aja ci aku kangen sama kamu ci. . Aku juga kangen sama kamu via. ci ntar kita jjs ya mantap lo tempat wikend di sini. oy vie mana ferdian kok aku gak lihat? Oy dian sekarang kuliah di yogya aku aja sekarang jarang ketemu dia paling-paling Cuma 1 tahun sekali itu pun kalau lagi mau lebaran. Padahal aku kangen lo sam ferdian. Ntar kalau dia pulang bilang ya kalau aku cari dia ke sini.

Sore pun beranjak aku masih duduk lemas karna usaha ku sia-sia. Ya ampun vie ternyata kak rico gak di sini ya? Ya ci setelah lulus SMA dia kuliah kedokteran di Lampung. Kembali air mataku jatuh ya Tuhan apa salah ku ternyata sulit sekali untuk aku temui cinta yang dulu. Pedih banget terasa di hati mungkin ini karma pikirku. Vie besok aku pulang lagi, ya ampun ci Cuma 1 malam. Mau gimana juga Ricky mau pulang katanyam, kataku berbohong padahal dalam hati hancur banget hancur-hancurnya. Jauh-jauh aku datang tapi gak ada yang aku dapat. Jangan kan bisa minta maaf lihat bayangannya aku gak dapat.

Ci … pulangnya mendadak sih kakak kan masih capek dan pengen agak lama disini masih kangen sama nenek dan teman-teman kakak juga masih ngjak kakak jalan-jalan di danau. Danau kataku …? Ia ci… ya Tuhan danau itu banyak menyimpan kenangan. aku diam dan berlari ke kamar aku nangis karna dengan menangis maka hati kita akan tenang, menangis kadang terlihat seperti orang bodoh tapi bagiku dengan menangis aku bisa menumpahkan segala sesuatu yang tak bisa diucapkan oleh mulut. menangis akan sedikit memberikan kita sejuta arti. Kata-kata itu kembali teringat dalam benak ku.

kenapa ci kamu nangis kata Ricky. kalau memang kamu pengennya pulang. kita akan pulang. Aku gak mau lihat kamu nangis. Ada masalah apa ci cerita donk. ntar aku bantuin. Lagi pula kita kan bisa jadi teman yang baik emang selama ini kita gak pernah baik tapi aku tetap kakak sepupu kau walaupun umur kita gak terlalu jauh berbeda. Aku menceritakan semua pada ricky aku menumpahkan kesedihanku dengannya. Kalau gitu kita pulang besok dan aku janji kita kan kembali ke sini 3 bulan lagi Kemungkinan besar itu adalah hari libur dan dia pasti akan pulang juga ke sini.

Setelah 3 bulan berlalu ricky benar-benar menepati janjinya. Dia kembali mengajak ku ke sana dengan harapan yang sama seperti aku. Tepatnya tanggal 23 Juni 2010 aku kembali menginjakan kaki ku di sana. Tapi waktu itu hujan turun dengan begitu deras. Tapi mengapa perasaan ku gak enak seperti ada sesuatu yang terjadi.

Dengan berlari-lari kecil aku menuju rumah nenek ku, disana ada via dan ferdian yang telah menunggu ku tapi kenapa mereka menangis. Ya Tuhan apa yang terjadi pikir ku dalam hati via peluk aku dengan erat dan bilang kalau ada sesuatu yang telah pergi jangan kau menangis atau pun kau putus asa ya ci walaupun itu sangat berarti dalam kehidupan kita. karna yang pergi gak kan mungkin kembali. Tanpa ku sadari aku pun ikut menangis walau aku masih bingung siapa yang pergi.
Rico telah gak ada ci tadi malam ia kecelakaan. ia tau kalau besok kamu akan kembali dia kelihatan bahagia sekali gak ada yang menyangka kalau itu adalah hari terakhirnya sebelum ia kembali ke hadapan Tuhan.

Aku kaget dan setelah itu aku sadarkan diri. ya Tuhan inikah mimpi selama itu dengan kurun waktu yang panjang aku harus kembali dengan mimpi yang buruk dan yang paling buruk dalam hidupku. Setelah kuat, aku ke makam kak rico dengan membawa bunga mawar ditemani oleh kedua sahabatku. Aku menangis disana menangis dengan dengan penuh kesedihan air mata itu mengalir deras di pipiku. Tuhan aku kembali kesini dan aku tidak berharap kalau kak rico jadi milik ku lagi aku Cuma berharap kalau aku akan bertemu dia lagi. Melihat senyumnya itu sudah cukup bagiku tapi kenapa ketika aku kembali lagi dia tidak ada dan pergi untuk selama-lamanya.



Bunga kamboja itu jatuh di atas makamnya. Mungkin ini kamboja di musim kemarau ya kemarau di hatiku walaupun sekarang musim hujan tapi terasa kemarau oleh ku. maaf kan aku kak? Aku meninggalkan kakan karena keadaan dan aku berusaha untuk ketemu kakak lagi. kalau memang kita gak ditakdir kan untuk bersama. Tapi aku bahagia karna punya kenangan bersama kakak. Kenangan yang aku simpan sampe aku mati nanti. dan punya cerita yang penuh dengan cinta bersama kakak. Walaupun kita masih muda tapi itu kenangan terindah dalam hidupku.

Dan tak kan pernah ku hapus dalam ingatanku. Suatu saat nanti kalau aku menemukan cinta yang lain aku harap orang itu seperti kakak yang punya cinta dan kasih sayang yang tulus. Aku gak berharap lebih tapi aku ingin bahagia. Sekarang dunia kita telah berbeda dan aku berharap kakak bisa menerima maafku yang bertahun-tahun ingin aku katakan pada kakak. selamat jalan kak oci sayang kakak. Kak oci tangan kecil itu memegang tanganku. ya ada apa dex? Aku Indy adx kak rico kak oci gak kenal lagi ya sama aku.

Kata kak rico saat kak oci pindah aku baru umur 2 tahun, aku peluk Indy ini Indy yang kecil dulu, Indy yang sangat disayangi kak rico. Indy mau memberikan ini sama kakak waktu kak rico pulang dia belikan boneka ini katanya untuk kak oci. Kak oci suka kan boneka ini. Indy memberikan boneka itu pada ku aku menangis dan memeluk boneka cimot itu. Hanya kenangan yang bisa menjawab semua itu

Aku pulang dengan hati yang membeku. Tapi aku harap suatu saat nanti cinta sejati akan datang padaku. Aku berharap cinta itu datang diakhir cerita. Ketika mimpi tentang rico telah hilang dalam bayangku dan memulai semua dari sekarang dengan lembaran yang baru walaupun aku tau itu pahit dan sangat sulit untuk aku lupakan tapi semua itu telah berlalu dan tak mungkin akan kembali.

Hanya waktu yang bisa menjawab semua ini, waktu itu,tempat itu, tawa dan tangis itu kini tinggal kenangan. Mimpi itu telah sirna bersama malam dan hembusan angin lalu. Semua orang di sekelilingku berharap aku akan bahagia dengan jalanku sendiri walau bukan bersama rico ternyata benar kata via dulu kalau cinta itu menyakitkan apabila kita tidak memiliki orang yang kita cintai. tapi aku akan berusaha bangkit dan memulai masa depanku yang masih terbentang luas.

Dengan wajah kesal aku berlari menuju kak Yudi sambil menampar pundaknya. dasar kakak ngak ngertiin adeknya. Cewek itu kalau mau pergi tentu donk harus dandan dulu. tapi kalau kakak yang lama itu perlu di curigai.. Ujar ku menggoda kak Yudi.

Dah ah … Cepatan donk naik motornya dan pegangan ya kakak mau ngebut. jangan donk kak ntar bilangin mama lo… Terserah ujar kak yudi lagi. Ya ampun telat dech ….Sampe sekolahnya ujar ku. Tapi dengan berbagai cara dan akhirnya aku juga diperbolehkah masuk. sampai di depan kelas langkah ku terhenti karna guru killer itu telah sampai duluan dari aku.
thanks sayang

No comments: